Menginspirasi Lewat Karya

Bismillahirrahmanirrahim...

Kali ini mau menulis tentang jalan-jalan bergizi hari ini 😊 Alhamdulillah, hari ini diberi kesempatan bertemu dengan wanita hebat yang membuat saya berbinar-binar.

Namanya Ibu Indah, seorang istri & ibu pekerja di ranah publik yang juga aktif berbisnis. Bisnisnya ini bukan sekedar bisnis loh.. tetapi juga sarat dengan edukasi. Berawal dari pengalaman, naluri, dan kepeduliannya kepada lingkungan. Penasaran apa bisnis yang digeluti oleh Ibu ini? Produknya sudah sangat familiar dikalangan ibu-ibu zaman now 😁 apakah itu? Yup, produk Cloth Diaper atau Clodi.

Kiri ke kanan : Mba Lamia, Ibu Indah, saya di rumah sekaligus kantor perusahaan clodi

Saat saya bertandang ke rumah beliau di kawasan Citeureup - Depok, beliau dengan semangat menceritakan awal memulai usahanya. Ibu Indah memulai usahanya di tahun 2010, saat itu Ibu Indah membuat clodi untuk anaknya & belum dijual secara umum. Sejak tahun 2010-2016 inilah Ibu Indah secara tidak langsung melakukan riset tentang clodi dan tentu saja, relawannya adalah anaknya sendiri. Bahkan Ibu Indah sampai pernah membeli clodi dari Canada hanya untuk "dibongkar". Menurut Ibu Indah, meskipun clodi itu kita beli dari luar negeri namun belum tentu cocok digunakan untuk anak Indonesia. Selain karena ukuran tubuh anak luar negeri yang lebih besar, faktor iklim juga ternyata cukup mempengaruhi. Alhasil, Ibu Indah pun mencoba membuat clodi sesuai dengan versi anaknya.

Selama 6 tahun tersebut Ibu Indah melakukan banyak riset, mencoba berbagai bahan dan model dalam pembuatannya. Hingga akhirnya beliau menemukan komponen dan ukuran yang sesuai dengan anaknya. Awalnya hanya untuk penggunaan pribadi, menyebar ke keluarga dan teman dekat, hingga akhirnya sekarang ini produk clodi ini sudah menembus pangsa pasar luar negeri meskipun masih tergolong industri rumahan. Masya Allah... 💗

Meskipun sudah dapat dibilang sukses, tetapi Ibu Indah merasa masih banyak PR dan tantangan yang harus diselesaikan. Tantangannya adalah mengedukasi para ibu dan masyarakat tentang mencintai lingkungan, mencintai produk dalam negeri dan yang pasti mengedukasi tentang kesehatan anak.

Ibu Indah ini menggambarkan dirinya sebagai orang yang idealis.. meskipun saat ini bahan baku pembuatan clodi tidaklah murah maka berimbas kepada harga jual yang tinggi, namun Ibu Indah tidak pernah khawatir akan kehilangan pelanggan. Sehingga Ibu Indah memastikan bahwa kualitas produknya itu sangat baik. Apalagi produk clodi Ibu Indah ini sudah mendapat pengakuan SNI loh...

Selain Clodi, Ibu Indah dan timnya juga memproduksi menspad buat Ibu. Alhamdulillah, diberi oleh-oleh hasil produksi 💗

Berkat usaha ini, Ibu Indah bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarat di sekitarnya. Selain itu dengan produksi clodi ini, diharapkan mampu mengedukasi Ibu dan masyarakat tentang lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1,2,3

Buku untuk Sang Pembelajar

Parents Zaman Now