Pekan Pertama yang Malu-Malu

Bismillah ...

Ini adalah amanah kesekian yang dipercayakan kepada saya. Yup, menjadi salah seorang fasilitator di Institut Ibu Profesional. Beberapa teman, mungkin amanah ini merupakan amanah kedua atau ketiga, namun bagi saya ini adalah kali pertama saya menjadi fasilitator. Fasilitator para Bunda untuk mencapai tujuan hidupnya.

Menjadi fasilitator adalah hal yang sangat menantang bagi saya, ditambah lagi kelas yang saya ampuh juga sangat luaaar biasa. Saya diberi amanah untuk mengampuh kelas Matrikulasi Koordinator Reguler. Ini luaaar biasa sekali tantangannya. Kenapa? Karena di kelas ini isinya adalah para pengurus Ibu Profesional Kota yang tentunya punya banyak aktivitas. Masya Allah, para Bunda disini memang luar biasa, ditengah-tengah kesibukannya mengurus komunitas dan keluarga para Bunda ini masih bersedia meluangkan waktu untuk terus mengupgrade dirinya, belajar tanpa henti. Terharuuu ...

Namun, karena kelas ini sangat istimewa maka effort yang digunakan juga harus cukup besar. Di pekan pertama ini, kelas masih terasa lengang hehe ...
Saya sangat memakluminya, ada banyak faktor tentunya. Selain karena saat ini perkuliahan di IIP sedang uji coba menggunakan Google Classroom, para Bunda di Kelas ini juga tentunya memangku beberapa amanah sehingga mungkin belum maksimal meramaikan kelas belajar pada pekan pertama ini.
Bisa dibayangkan pada forum-forum diskusi di pekan pertama ini, pernah ada sesi yang sama sekali tidak ada peserta yang hadir, hehe... Beruntung karena saya sudah bergabung di Ibu Profesional jadi saya anti baper. Kebayang kan kalau bukan Ibu Profesional, pasti sudah baper abis menghadapi situasi ini hehe...

Lalu apa yang saya lakukan?
Awalnya terasa berat, namun saya coba melihat ini sebagai tantangan. Pertama yang saya lakukan adalah harus merubah strategi, kalau yang tadinya ritmenya santai mungkin sekarang harus agak sedikit berlari. Berikutnya harus banyak melakukan "switch" mood agar tidak baper apalagi bede. Alhamdulillah dipekan pertama ini sedang dibahas tentang "Adab Menuntut Ilmu". Saya kembali membaca membaca materinya dan menemukan kekuatan di sana.
Bahwa salah satu Adab Menuntut Ilmu adalah memperhatikan Adab Pada Diri Sendiri :
- Ikhlas dan mau membersihkan jiwa dari hal-hal yang buruk.
 - Selalu bergegas. Mengutamakan waktu-waktu dalam menuntut ilmu
-  Menghindari sikap "merasa" lebih tahu dan paham terhadap ilmu yang disampaikan.
-  Menuntaskan sebuah ilmu yang sedang dipelajari.
-  Bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas yang diberikan setelah ilmu disampaikan.
Nah, mantra di atas merupakan penguat saya dalam menghadapi hari-hari sebagai seorang fasilitator. Sesungguhnya saat ini pun saya sedang mendalami dan belajar tentang bagaimana menjadi fasilitator yang baik. Semua peristiwa yang terjadi di kelas pada pekan pertama ini merupakan ilmu yang sangat bermanfaat. Sehingga memperhatikam Adab Menuntut Ilmu merupakan keharusan bagi saya.

Semoga dipekan berikutnya suasana kelas bisa menjadi lebih cair dan makin have fun 💗

SEMANGAT!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1,2,3

Buku untuk Sang Pembelajar

Parents Zaman Now