4 Perempuan

Eyang Putri, beliau adalah seorang wanita Jawa. Wanita yang pernah hidup 3 zaman (Zaman Penjajahan Belanda, Zaman Penjajahan Jepang, dan Zaman Kemerdekaan). Beliau adalah anak pertama. Menikah dengan seorang prajurit TNI yang ikut bergerilya melawan penjajah. Sosok mandiri, tegar, tegas dan penyayang sudah pasti ada diEyang Putri. Eyang Putri pernah menjadi seorang guru dimasa pra kemerdekaan RI. Pekerjaan yang prestige pada zamannya. Aku suka mendengarkan Eyang Putri bercerita tentang masa kanak-kanaknya yang penuh dengan kisah heroik, mendengarkan kisahnya serasa seperti kembali ke masa lampau.

Bunda, beliau ada sosok Ibu yang sangat luar biasa. Anak ketiga Eyang Putri. Lahir di Surabaya dan melewati masa kecil hingga remaja di Kota Makassar. Bunda adalah wanita yang pekerja keras, kuat dan mandiri. Khas generasi X. Masakan Bunda selalu menjadi favoritku dan keluarga. Bunda bisa memasak apa saja, membuat berbagai jenis kue. Saat di perantauan seperti ini, aku selalu rindu masakan Bunda. Selain pandai memasak,  Bunda juga sangat mahir menjahit, hampir setiap lebaran aku punya baju baru hasil jahitan Bunda. Hingga hari tuanya, Bunda masih selalu memperhatikan kami anak-anaknya. Bunda adalah idolaku.

Aku, sosok wanita yang 180° berbeda dengan Bunda. Kalau Bunda pandai memasak, menjahit, dan berhias maka aku sama sekali tidak mahir dalam hal itu. Aku anak kedua dari empat bersaudara, satu-satunya anak perempuan. Meskipun begitu aku tidak pernah mendapat perilaku istimewa. Sebenarnya aku adalah orang yang introvert. Menikah dan kemudian ikut merantau bersama suami. Aku sedang dalam tahap belajar untuk menjadi Ibu dan Istri yang membanggakan.

Aliyah, gadis kecil berusia 4 tahun. Khas generasi milenial, akrab dengan teknologi. Sangat lincah, mudah bergaul. Anak yang sangat extrovert, membuat aku selalu berusaha mengimbangi energinya. Aliyah sangat senang dengan kegiatan memasak dan merias diri. Berbeda 180° dengan aku, ibunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1,2,3

Buku untuk Sang Pembelajar

Parents Zaman Now